Rabu, 17 April 2013

PERANCANGAN KERJA



Untuk menyelesaikan suatu pekerjaan banyak metode yang dapat digunakan. Oleh karena metode yang digunakan memiliki banyak variasi dan perbedaan, maka akan memberikan hasil akhir yang berbeda pula. Berdasarkan hal tersebut, maka timbul suatu ide untuk melakukan penelitian cara kerja.
Penelitian adalah suatu penyelidikan atau suatu usaha pengujian yang dilakukan secara teliti, dan kritis dalam mencari fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan menggunakan langkah-langkah atau teknik-teknik tertentu. Dalam mencari fakta-fakta ini diperlukan usaha yang sistematis untuk mendapatkan rancangan sistem dan tata cara kerja yang paling efektif  dan efisien.Penelitian kerja dan analisa metode kerja ini mempelajari prinsip-prinsip kerja yang ada, maka ruang lingkup yang dibahas bukan saja menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan gerakan-gerakan kerja yang dilakukan melainkan juga menyangkut banyak prinsip perancangan prinsip perancangan sistem kerja seperti perancangan kondisi lingkungan kerja fisik (temperatur, humidity, kebisingan,pencahayaan,dan sebagainya).

Penelitian cara kerja merupakan aktivitas yang meliputi peralatan secara sistematika dan pemeriksaan yang seksama mengenai cara kerja yang berlaku yang akan diusulkan dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya, sehingga memberikan hasil yang lebih efektif dan dapat menekan biaya.
Pengukuran kerja adalah merupakan metode penetapan keseimbangan antara jalur manusia yang dikontribusikan dengan unit output yang dihasilkan. Pengukuran dari waktu kerja ini sangat berhubungan dengan usaha-usaha untuk menetapkan hal waktu baku yang dibutuhkan guna dapat menyelesaikan suatu pekerjaan.
Waktu baku sangat diperlukan,terutama sekali untuk:
  • Man Power Planning (perencanaan kebutuhan tenaga kerja)
  • Estimasi biaya-biaya untuk upah karyawan
  • Penjadwalan produksi dan penganggarannya
  • Perencanaan sistem pemberian bonus yang intensif bagi karyawan yang berprestasi
  • Indikasi keluaran (output) yang mampu dihasilkan oleh pekerja.
Waktu baku merupakan waktu yang diperlukan oleh seorang pekerja yang memiliki tingkat kemampuan rata-rata umtuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Disini sudah meliputi kelonggaran pekerjaan yang harus diselesaikan dalam pengukuran kerja ini bisa digunakan berbagai alat untuk membuat rencana penjadwalan kerja yang dapat menyatakan berapa lama suatu pekerjaan harus berlangsung dan berapa output yang dihasilkan serta berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Disisi lain dengan adanya waktu baku yang sudah ditetapkan ini akan dapat pula ditentukan upah atau intensif bonus yang akan dibayar sesuai performans yang ditunjukkan oleh pekerja
DOWNLOAD PENGOLAHAN DATA PADA ANALISIS PERANCANGAN KERJA
PENGOLAHAN DATA APK



Tidak ada komentar:

Posting Komentar